Kriminal

Sejarah Cara Kerja Bisnis MMM Sergey Mavrodi

 

Awal mula bisnis MMM

Namanya sih lebih keren kalau di Bahasa Inggrisnya. Kepanjangan dari MMM Indonesia adalah Manusia Membantu Manusia, sedangkan di negara asalnya, MMM berarti Mavrodi Mondial Moneybox mengambil nama dari sang penemu bisnis ini.

Yap, seperti dikutip dari laman Kontan, kami menemukan bisnis ini bermula dari kawasan Rusia. Yang mana dipelopori seorang pria bernama Sergei Panteevich Mavrodi. Dalam profilnya di Wikipedia tidak lah terlalu banyak profil mengenai sepak terjangnya di bisnis ini. Justru kami menemukan banyak situs MMM seolah menutupi siapa dirinya. Meski dikatakan dirinya sebagai penemu jenis bisnis baru, nyatanya, ini bukanlah sama sekali.
Mavrodi sendiri terdakwa sebagai seorang kriminal. Dalam perjalanannya bisnis MMM tidak ada bedanya dengan bisnis MLM dan akhirnya gagal bayar menjadi Ponzhi scheme. Secara singkat Ponzhi scheme itu sendiri adalah bisnis yang mengambil dana orang baru untuk menutupi dana diatasnya.

Sejarah di Rusia

MMM diperkenalkan ke Indonesia oleh beberapa orang asal Rusia pada 2012 -an. Lalu, dijalankan oleh orang- orang Indonesia yang menempel MMM negara lain. Pada tahun- tahun awalnya, sebelum seramai sekarang MMM Indonesia baru dilakukan oleh beberapa orang saja. Ini merupakan komunitas awalnya beda dengan sekarang yang jadi komersil melalui aneka iklan di televisis. Namun, sebelum membahas lebih jauh mengenai MMM Indonesia. 
Maka ada baiknya kita membahas sang penemu MMM sendiri yaitu tuan Mavrodi.
Secara matematis prinsip Ponzhi scheme adalah sebuah rumusan. Jadi apapun bentuk bisnisnya selama ada konsep sama bisa jadi itu Ponzhi atau mengarah ke sana. Secara gamblang Ponzhi berarti mencari investor baru untuk menutupi pembayaran orang lama. Nyatanya, tak ada bisnis, cuma rangkaian piramid tanpa ada akhir jika kamu bisa meneruskan. Siapa yang paling beruntung tentulah yang ada dipaling atas. 
Ini cumalah mencari uang dari investor baru disalurkan keatas, dimana, yang paling bawah akan mencari lagi agar seolah dirinya menjadi yang paling atas. Kenyataanya siapa yang paling untung merupakan orang yang merencanakan bisnis ini.
MMM didirikan oleh seorang pria bernama Sergei Mavrodi. Lebih tepatnya didirikan pada tahun 1989 oleh tiga serangkai dirinya, saudaranya bernama Vyachelslav Mavrodi, dan Olga Melnikova, yang mana nama aslinya diambil dari nama utama mereka bertiga. Awalnya, bisnis perusahaan MMM ini layaknya perusahaan biasa cuma berjualan komputer dan perlengkapan kantor. Bisnisnya berkembang cukup pesat bahkan ia bisa memiliki bank sendiri.
Bank bernama MMM menjadi sebuah langkah besar bagi bisnisnya. Hingga pada Januari 1992, ada masalah dengan data pajak, hingga polisi menuntutnya atas hal tersebut dan membuat bisnisnya bangkrut. Mereka kehilangan dana dari MMM- Bank membuat perusahaan utama kesulitan keuangan. Karena kesulitan untuk membayar biaya bermain mata uang (trading forex) jadilah mereka beralis bisnis. Usaha terbaru MMM yaitu bisnis keuangan yang belum jelas bentuknya.
Mereka lantas menawarkan saham Rusia untuk investor Amerika. Langkah yang baik dari Mavrodi cukup membuat bisnisnya sedikit menanjak. Setelah itu ada bisnis MMM- Invest yang fokus menawarkan kupon sebelum penjualan saham. Entah apa itu penulis sendiri tak jelas namun sama halnya; ini tidak terlalu sukses. Nah, barulah pada 1994, MMM berbasis Ponzhi pertama akhirnya diluncurkan dan sukses keras. Bahkan mereka menghasilkan keuntungan 1000% dan mulai beriklan di TV.
Pada pertama kalinya, usaha MMM berbasis saham, yaitu menjual saham yang mana tidak satupun terkait dengan saham perusahaan manapun. Tapi mereka berbagi harga saham untuk pembelian saham atas nama perusahaan mereka sendiri. Untungnya investasi utama MMM berhasil dan menghasilkan untunga. Meski secara tak tertulis mereka cuma menjual saham kosong. Nyatanya keuntungan tersebut begitulah nyata hingga membuat lebih banyak orang.

Melalui mulut- ke- mulut bisnis MMM semakin tersebar menguntungkan. Uang yang mengalir sangat deras tapi bukanlah dari bisnis utamanya. Lebih ke semakin agresifnya Mavrodi berikan di televisi membawa para investor baru. Berkat kecerdikan Mavrodi mampu menciptakan iklan super jenius. Sebuah iklan yang mana diperankan oleh orang biasa yang mendadak sukses. Seorang pria biasa bernama asli Leondi atau Lyonya Golubkov yang dikenal di Russia sebagai orang Rusia biasa.
Golubkov digambarkan di iklan milik Mavrodi sebagai orang kaya baru. Seorang pekerja biasa yang mana pekerjaannya adalah operator eksavator. Dia digambarkan beinvestasi saham di MMM. Yang mana ia jadi sangat kaya cepat bahkan mampu membeli apartemen, rumah, dll. Dalam iklanya ada sebuah slogan yang sangat menarik, “this (membuat uang dari saham MMM) itu sangat muda.” Menarik bukan? Nah, setelah semua iklan tersebut, MMM bisa sukses di Rusia pada tahun tersebut.
Salah satu yang menjadi andalah usaha Mavrodi adalah adanya bonus. Dimana bonus- bonus ini berupa perjalanan ke seluruh penjuru Russia secara cuma- cuma. MMM Rusia juga punya logo dan slogan yang sangat menggoda yakni ‘Flying from shadow to the light’. Sukses MMM menghasilkan lebih dari 100 miliar rubel (atau 50 juta dollar) setiap harinya setiap penjualan sahamnya sendiri ke orang- orang. bahkan seking suksesnya membuat perusahaan kualahan.

Perusahaan MMM bahkan mulai menghitung uang per- ruangan (ruangan 1 penuh berisi uang, ruangan 2 penuh berisi uang,dll) Masifnya iklan serta mempertontonkan uang dimuka publik membuat pemerintah agak gerah. Pada Juni 1994 Presiden Boris Yeltsin mengumumkan larang perusahaan memajang penghasilan milik mereka. Sukses MMM membuat banyak perusahan lain meniru langkah MMM seperti perusahaan Tibet, Chara, Khoper- Invest, Selenga, dan lain- lain.

Beberapa perusahaan bahkan menawarkan pengembalian untung 30.000%. Di 22 Juli 1994, akhirnya polisi menutup perusahaan atas nama penipuan pajak. Beberapa hari kemudian mencoba berbisnis kembali tapi pada akhirnya ditutup kembali. Yap, dari apa yang kita bahas, MMM pada awalnya adalah perusahaan yang bergerak dibidang penjualan saham dan investasi. Dimana perusahaan tidak menjual saham perusahaan lain tapi memilih menjual sahamnya sendiri.

Bangkrut dan memulai ulang

Dari bisnisnya Mavrodi sukses mendirikan aneka bisnis lain; salah satunya perusahaan konsultan saham. Dari hasil penyelidikan polisi perusahaan MMM sendiri menggelapkan pajak sebesar 100 miliar sampai 3 triliun rubel (50 juta dollar sampai 1,5 miliar) dan dari anak perusahaanya dibidang konsultan investasi sebesar 50 miliar rubel (atau 25 juta dollar). Uang tersebut digelapkan dari investornya yang mana pada akhirnya itu membuat 50 orang investornya memilih bunuh diri.

Beberapa organisasi dari ‘investor yang tertipu’ mencoba mengambil apa yang mereka investasikan. Namun, sang pemilik Sergei Mavrodi tak kalah cerdik. Ia sukses mengarahkan kemarahan mereka dan harapan milik mereka ke pemerintah. Di Agustus 1994 ia akhirnya dijatuhi hukuman untuk penggelapan pajak. Untungnya, sebelum ditahan, ia telah terlebih dahulu menjanjikan para investornya perlindungan. Yaitu dengan meminta mereka untuk menjadikannya State Duma (DPR -nya Russia).

Kemengannya bermodal janji akan mengembalikan apa yang hilang. Ia berjanji kepada para mantan investor MMM melalui aneka organisasi. Dengan bantuan sejumlah ratusan ribuan bahkan jutaan investor inilah ia sukses menjabat DPR Russia. Namun, bukannya menggunakan kekuasaaan untuk mereka, Mavrodi malah menggunakan imunitasnya untuk menyatakan MMM bangkrut tanpa ganti rugi. Ia pun menghilang seketika dan akhirnya bisa ditangkap di 2003 -an.

Sebelum ditankap pada tahun 1998 -an, ia telah membangun bisnis yang berupa saham virtual bermodal koneksi internet. Usaha yang satu ini telah berjalan cukup lama dari 1988 sampai 2000 -an. Usaha bernama Stock Generation ini cukup menarik investasi asal Benua Amerika. Ketika itu orang- orang percaya bahwa Mavrodi telah pergi keluar Russia. dan pindah ke Amerika. Tapi ternyata ia masih punya cukup banyak uang untuk tinggal di sekitar Moskow.

Ia menyewa apartemen berpindah- pindah. Dia sempat menyewa beberapa orang untuk menjalankan bisnis barunya. Bersama seorang saudara asal Amerika ia menjalankan usaha berbasis di Amerika. Usaha yang bernama Stock Generation.Ltd. Dimana menjual saham perusahaan yang sama sekali tidak ada melalui sistem internet. Ini adalah money- game dimana melalui halaman stockgeneration.com; mereka menjual aneka saham tak tercatat atau palsu.

Bahkan dengan ‘lugunya’ perusahaan ini memberikan peringatan. Sebuah peringatan buat orang bahwa ini bukanlah saham sebenarnya atau virtual stock atau kami bisa saja ilegal dan tak menjamin uang anda. Dan, hasilnya, cukup mengejutkan yakni ada 20.000 orang sampai dengan 275.000 orang. Perusahaan tersebut mengimingi hasil 200% untung dan ternyata itu cumalah janji palsu. Menurut badan U.S. Securities and Exchange Commision, investor mengalami kerugian sebesar 5,5 juta dollar.

Pada tahun 2003, Mavrodi ada pada penahanan pihak berwenang, hingga pada akhir April 2007, ia dijatuhi hukuman atas tuduhan penipuan, dan dihukum 4 setengah tahun. Sejak itu, ia lalu menjalani hukuman selama 4 tahun lebih empat bulanan, dan akhirnya keluar tepatnya pada 22 Mei 2007. Selepas itulah ia kemudian mendirikan usaha lain yang bernama MMM- 2011 bermodal Piramida skema yang akhirnya menjurus ke Ponzhi scheme lagi dan lagi!

Apakah MMM- Indonesia akan berakhir sama menjadi Ponzhi scheme?


Terimakasih telah membaca di Aopok.com semoga bermanfaat, mulai lah buat iklan gratis di Iklans.com dan lihat juga di situs berkualitas dan paling populer Piool.com, peluang bisnis online Topbisnisonline.com dan join di komunitas Topoin.com.

Most Popular

To Top