Agrobisnis

Bisnis Bahan Makanan Tempe Pengusaha Muda

Profil Pengusaha Benny Santoso

 

pengusahatempe.png

 

Pengusaha muda Benny Santoso menciptakan perusahaan startup unik. Bisnis bahan makanan tempe INI Tempe hasilkan aneka produk unggulan. Pemuda kelahiran Solo, 2 Oktober 1995, yang melihat bahwa tempe memiliki potensi bermacam- macam produk.

 

Dari tempe dikembangkannya menjadi aneka produk. Sangat melekat di hati masyarakat Indonesia, dari kelas menengah- atas hingga bawah suka. Rasa enak dan tekstur uniknya diterima lidah kita. Dalam perjalanannya banyak aneka olahan tempe khas daerah.

Bisnis Bahan Makanan

 

Harga murah ramah dikantong dapat ditemui dimanapun. Termasuk di mall- mall besar terdapat makanan tempe. Memang tempe kebanyakan dimasak monoton. Itu- itu saja, maka setiap kali sajian terkadang timbul rasa bosan.

INI merupakan kepanjangan dari Innovate New Idea (INI). Digagasa sejak 16 Desember 2016, dan Benny Santoso, pengusaha muda ini kembangkan utamanya Tempe Campur. “Kalau Bali mungkin terkenalnya nasi campur, tapi, kalau dikami terkenalnya tempe campur,” jelasnya ke Tribunnews.com

Varian tempe campur antara lain keju, spirulina, orginal, wijen hitam, dan dan biji labu. Kemudian ia membuat kue kering tempe. Variannya empat macam, yakni kacang mete, coklat, jahe, dan kelapa. Dia juga membuat keripik, ada dua varian original dan blackpaper.

Kemudian dia membuat protein ball berbahan tepung tempe, kurma dan cranberry. “Lalu dalam waktu dekat kami akan perkenalkan tempe instan,” ia melanjutkan. Dia menjual dari harga Rp.1500 sampai 65 ribu. 

 

Menurutnya produk tempe campur wijen hitam dan keripik tempe rasa black paper best seller. INI juga memproduksi emping singkong. Tujuannya sudah berkembang ingin memperkenalkan produk asli Indonesia. 

Pengusaha muda Benny Santoso bisnis bahan makanan tempe khusus. Dia ingin menyasar turis asing yang tertarik makanan khas Indonesia. Benny bekerja sama dengan puluhan retail baik di Bali maupun diluar Bali.

Di Bali sendiri, INI Tempe telah tersebar di lebih dari 20 toko retail, lalu ada restoran dan restoran. Diluar dia menargetkan lebih banyak dari 20-an. Kisah sukses INI Tempe bermula ketika dia masih bersekolah di STP Nusa Dua, Bali, dengan mengambil jurusan Culinary Management.

“Saya ingin menunjukkan ke masyarakat bahwa produk lokal itu bagus-bagus karena kebanyakan orang selalu mikirnya kalau produk asing lebih bagus,” Benny menjelaskan.

Dia ingin mewujudkan rasa bangga akan produk tempe. Ia meyakini masyarakat akan bangga bahwa tempe dapat diolah apapun. “Saya juga ingin encourage ke orang- orang untuk bangga dengan produk lokal dan ayo beli produk lokal,” lanjutnya.

Semangat kerja kerasnya mendapatkan apresiasi pembeli. INI Tempe disebut inovatif dan unik. Kan orang masih beranggapan tempe hanya diolah bacem, goreng tepung, atau diopor. Awalnya INI Tempe disukai warga asing, ketika ditawarkan ke masyarakat kita tetapi memang wisata Bali tengah lesu.

Dia tawarkan ke wilayah Jawa dan maka seimbangan antara keduanya. Semenjak pandemi Covid 19 sangat membuatnya memutar otak. Maka Benny lebih memanfaatkan penjualan melalui sosmed. Dan berkatnya, dia mendapatkan pesanan sampai ke Malaysia dan Papua.


Terimakasih telah membaca di Aopok.com semoga bermanfaat, mulai lah buat iklan gratis di Iklans.com dan lihat juga di situs berkualitas dan paling populer Piool.com, peluang bisnis online Topbisnisonline.com dan join di komunitas Topoin.com.

Most Popular

To Top