Jepang

Biografi Ken Kutaragi — Penemu Mesin Console Game PlayStation

Ken Kutaragi adalah penemu game PlayStation yang kini banyak dimainkan kalangan anak-anak dan remaja. Ia dilahirkan pada tanggal 8 Agustus 1950 di Tokyo, Jepang. Sewaktu kecil ia sangat rajin dan tergolong dalam murid yang pintar dan mendapatkan nilai bagus. Ia suka memperhatikan mainan, dan bagaimana cara kerja mainan itu, hingga kini Kutaragi menjadi tertarik pada barang elektonik dan ia tekuni lagi ketertarikan itu dengan belajar di Denki Tsushin University. Kutaragi bukanlah keturunan konglomerat, ia hidup sederhana dan berbisnis pada sebuah pabrik percetakan, di situlah Kutaragi banyak belajar dan mengembangkan kemampuan.

Tergolong dalam siswa yang cerdas, mudah sekali untuknya mendapatkan kerja dan saat itu ia bekerja dengan Sony setelah menamatkan gelar insinyur bidang elektro. Kutaragi adalah seorang ahli problem solver. Pekerjaan yang ia lakukan selalu berjalan dan berhasil, salah satunya proyek penciptaan liquid crystal plays dan kamera digital.

Ia menciptakan mesin console game PlayStation dimulai pada akhir tahun 1980. Ia terinspirasi pada putrinya yang memainkan sebuah Famicom. Awalnya Kutaragi ingin berbisnis video games, tapi Sony mengacuhkannya. Di sisi lain ada perusahaan lain yang mencium kemampuan Kutaragi yaitu Nintendo, dan memintanya untuk dibuatkan chip, tapi tetap saja ia menolak karena sedang bekerja untuk Sony.

Setelah kejadian itu, tanpa sepengetahuan siapapun ia mengerjakan proyek rahasia untuk perusahaan Nintendo. Ia mendesain sebuah chip SPC700. Dan akhirnya Sony mengetahui apa yang dikerjakan Kutaragi untuk Nintendo perusahaan pesaing Sony. Kutaragi hampir saja dipecat, seandainya CEO Sony yaitu Norio Ohga, tidak turun tangan. Dia meminta Kutaragi menyelesaikan tugas sampingannya itu.

Kutaragi yang suka membongkar memeriksa barang mekanik ini terus meminta Sony untuk membiayai riset pembuatan teknologi yang diaplikasikan untuk PS yaitu Super NES CD. Pihak Sony masih meragukan ambisi itu, tapi beruntungnya Norio Ohga mendukungnya Kutaragi. Sehingga pada tahun 1990, sudah resmi Sony meriliskan produk PS. Dan PlayStation telah datang ke dunia lalu terkenal dan mendatangkan banyak dollar untuk Sony. Hingga pada tanggal 18 Mei 2004, Sony telah memproduksi sebayak 100 juta PS. Dan itu membuat Kutaragi resmi sebagai presiden Sony Computer Entertainment pada 1997.

Itulah Biografi Ken Kutaragi Penemu Mesin Console Game PlayStation yang mendapatkan reputasi baik, dan sebagai problem solver yang membawa kesuksesan.


Terimakasih telah membaca di Aopok.com semoga bermanfaat, mulai lah buat iklan gratis di Iklans.com dan lihat juga di situs berkualitas dan paling populer Piool.com, peluang bisnis online Topbisnisonline.com dan join di komunitas Topoin.com.

Most Popular

To Top